Sabtu, 20 April 2013


Besarnya Potensi Tanaman Jati Sebagai Salah Satu Agribisnis Tanaman Kehutanan
Oleh : Sehat Martua Pasaribu
Nim : 111201015

Deskripsi Jati
Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f. Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa.                              
Jati memiliki pertumbuhan yang lambat dengan germinasi rendah (biasanya kurang dari 50%) yang membuat proses propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaan atas kayu jati. Jati biasanya diproduksi secara konvensional dengan menggunakan biji. Akan tetapi produksi bibit dengan jumlah besar dalam waktu tertentu menjadi terbatas karena adanya lapisan luar biji yang keras.Beberapa alternatif telah dilakukan untuk mengatasi lapisan ini seperti merendam biji dalam air, memanaskan biji dengan api kecil atapasir panas, serta menambahkan asam, basa, atau bakteri.  Akan tetapi alternatif tersebut masih belum optimal untuk menghasilkan jati dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak.

Potensi harga kayu jati
Biasanya tergantung pada ukuran kayu jati tersebut
  • Harga Kayu Jati Olahan Terbaru untuk ukuran papan lebar >20 cm   –>> Rp 2 juta/M³.
  • Harga Kayu Jati Olahan Terbaru untuk ukuran papan lebar 16 – 18 c –>> Rp 1,7 juta/M³.
  • Harga Kayu Jati Olahan Terbaru untuk ukuran papan lebar < 15 cm / palet –>> Rp 800 ribu/M³.

* Harga Kayu Jati Olahan Terbaru tersebut adalah kesepakatan sipembeli mengolah sendiri, dengan ketentuan harus membuatkan saya terlebih dahulu ukuran kayu papan dengan ketebalan 4 cm sebanyak 2 M³ untuk kebutuhan kusen daun pintu dan jedela rumah impian.
Harga Kayu Jati Olahan Terbaru kayu jati tersebut sebenarnya masih bisa ditingkatkan lagi kalau saya bernegosisasi lebih, karena pengalaman sebelumnya saya menjualnya lebih mahal dari daftar diatas. Harga Kayu Jati Olahan Terbaru biasanya tergantung dari ukurannya, semakin besar ukuran kayu jati maka Harga Kayu Jati Olahan Terbaru akan semakin tinggi per kubikasinya. Kenapa segera saya sepakati tawaran sang pembeli itu lebih dikarenakan si pembeli mau dan dengan senang hati akan memprioritaskan kebutuhan saya terlebih dahulu dan sisanya baru yang akan dibuat bahan dagangan.
Harga Kayu Jati Olahan Terbaru biasanya berbeda-beda disetiap daerah itu juga tergantung dari lokasi dimana kebun kayu jati itu berada. Proses untuk menjadikan kayu jati jadi bahan tidak mudah jika letak pohon jati berada dilereng gunung seperti pohon jati saya. Biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk operasional awal adalah :
  • Upah pekerja tebang potong                —>> Rp 250.000 /1 mobil truk.
  • Upah pekerja mengangkut ke mobil      —>> Rp 625.000/ 1 mobil truk.
  • Upah Mobil pengangkut                        —>> Rp 200.000/ 1 mobil truk.
  • Upah Serkel/Gergaji Mesin                     —>>  Rp 180.000/ 1 M³.

Kelebihan Investasi Pohon Jati
Selain harga kayu jati yang mahal adalah proses perawatan yang mudah dan ketahan kayu terhadap hama dan berbagai cuaca. Dahulu waktu saya ingin menanami ladang bapak saya dengan pepohonan, awalnya saya tertarik dengan Pohon Sengon karena pohon tersebut cepat pertumbuhannya, dari masa tanam hanya memerlukan waktu kisaran 5-7 tahun untuk dapat dipanen, dengan rata-rata mempunyai diameter di atas 50 cm. Tetapi, karena pertimbangan letak lokasi dilereng gunung yang mempunyai kemiringan sekitar 15 derajat dan disebelah kanan – kiri serta atas lokasi adalah kebun kopi robusta yang kurang terawat sehingga banyak ditumbuhi semak belukar sehingga jika musim kemarau rawan terjadi kebakaran. Pohon Sengon tidak tahan terhadap api kebalikan dari pohon jati itu lah salah satu Kelebihan Investasi Pohon Jati.
Kelebihan Investasi Pohon Jati yang paling menonjol serta mempunyai nilai ekonomis yang tinggi adalah kekuatan atau ketahanan dan keindahan serat yang dihasilkan menyebabkan kayu jati menjadi bahan baku utama untuk membuat perabotan rumah tangga yang mengisi dan menghiasi rumah kita, sehingga kayu jati mempunyai harga yang cukup mahal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar