Jumat, 19 April 2013

BUAH KECAPI SEBAGAI KOMODITI AGRIBISNIS DAERAH JAKARTA


Nama :  Yunida Syafriani Lubis
Nim : 111201033



Untuk melakukan pengembangan di suatu wilayah dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti lokasi wilayah itu sendiri. Kota Jakarta memiliki lokasi yang sangat strategis dan dianggap mampu untuk mengembangkan suatu kegiatan ekonomi, karena merupakan pusat kegiatan industri, bisnis maupun keuangan di Indonesia. Untuk pemasaran produk ini, Jakarta merupakan kota yang cocok, dibandingkan kota lain Jakarta memiliki banyak kelebihan, terutama dalam kegiatan pemasaran. Banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke kota ini merupakan salah satu alasannya.
            Ketika buah kecapi ini akan dijadikan komditi khas, otomatis Jakarta harus memiliki basis produksi buah kecapi tersebut, menurut saya lokasi dari produksi buah kecapi ini dapat dilakukan di Kampung Wisata Setu Babakan, karena lokasi tersebut masih asri dan memudahkan wisatawan untuk melihat langsung pusat kegiatan produksi buah kecapi. Selain itu, disetiap taman kota di wilayah DKI Jakarta ditanami pohon kecapi, agar masyarakat DKI Jakarta dapat merasakan nikmatnya buah kecapi dan udara bersih dari proses fotosintesis pohon kecapi tersebut, sehingga membantu memperbaiki kualitas udara di kota Jakarta ini.
Dengan adanya komoditi khas kota ini, para wisatawan akan lebih senang karena mereka tidak kebingungan untuk memilih oleh-oleh apa yang dapat dibawa ke kampung halaman mereka untuk sanak famili disana. Dengan meningkatnya kenyamanan wisatawan yang berkunjung, maningkat pula jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke kota ini dan menimbulkan kegiatan-kegiatan yang menunjang perjalanan wisatawan, seperti hotel, penginapan, wisata kuliner khas dan masih banyak lagi.Selain itu, kegiatan produksi buah kecapi (Sandoricum Koetjape) ini pasti memerlukan pupuk, tenaga kerja yang terampil maupun non terampil, dan masih banyak kegiatan lain yang akan saling berkaitan dengan adanya kegiatan ini.
Dalam kegiatan mengekplorasi atau mematenkan suatu produk buah menjadi komoditi khas dari suatu daerah memiliki tantangan dan kendala masing-masing. Dalam hal ini, buah kecapi yang akan dijadikan komoditi khas dari kota Jakarta, tantangan dan kendala yang dihadapi adalah menanamkan kembali budaya Betawi untuk menanam pohon buah, khususnya buah Kecapi di pekarangan rumah warga. Selain itu, sedikitnya lahan terbuka hijau yang dapat ditanami pohon buah kecapi ini, karena sebagian besar lahan di Jakarta telah berubah fungsi menjadi pemukiman maupun gedung-gedung perkantoran dan pusat bisnis, seperti mall dan ruko-ruko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar