Jumat, 19 April 2013

PRODUK KOPI SEBAGAI KOMODITI AGRIBISNIS DI WILAYAH KABUPATEN DAIRI


          NAMA  : TIKA LAILAN SOFINA
          NIM      : 111201026
         Salah satu komoditas unggulan yang terkenal dari Sidikalang adalah kopi. Kopi sidikalang sangat terkenal akan kenikmatan cita rasanya, bukan hanya di dalam negeri saja tetapi hampir seluruh pecinta kopi Dunia mengakuinya. Kopi sidikalang juga telah mampu bersaing dengan Kopi Brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di Dunia. Luas Keseluruhan Perkebunan kopi Robusta Kab. Dairi adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanaman kopi Arabika seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun.
              Pengusaha kopi sidikalng  memperoleh kopi dari kebun yang diperoleh dari perihara pengusaha itu sendiri selain dari kebun pengusaha juga mendapatkan kopi dari petani yang menjual hasil kopi ya,para petani biasa ya berasal dari kecamatan yang ada di kabupaten dairi seperti desa parogil, laeparira buluduri dan sebagian besar desa yang ada di Di dairi adalah penghasil. Kopi sidikalng yang produksi oleh para pengusaha adalah kopi yang telah memenuhi syarat kualitas. Kualitas kopi yang dimaksud adalah kopi yang benar –benar layak di komsumsi ,kopi sidikalang terkenal memiliki rasa yang khas dibandingkan dengan kopi lainya ,selain itu kopi sidikalng sudah terkenal diseluruh daerah sumatera utara sehingga dapat di pastikan kopi sidikalng sudah memeliki kualitas yang cukup baik.
           Dapat dikatakan bahwa industri memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara karena melalui pembangunan industri tersebut dapat diharapkan akan dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi dan pada gilirannya nanti dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara keseluruhan. Jadi jelasnya pembangunan industri akan dapat menciptakan kesempatan kerja, yang sekaligus dapat menampung angkatan kerja yang terus- menerus meningkat setiap tahunnya. Pengembangan produksi kopi akan dapat menambah penghasilan kabupaten dairi ,juga  mengurangi jumlah penganguran. Dan jika pemasaran dapat dikembangkan dengan baik pasti kopi sidikalang akan terkenal keseluruh indonesia bahkan ke luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar