Jumat, 19 April 2013

PRODUKSI KOMODITI PISANG BARANGAN DALAM PENGEMBANGAN DI KABUPATEN DELI SERDANG

     NAMA  : CHAMPION MARPAUNG
     NIM      : 111201041


        Potensi sektor pertanian khususnya hortikultura cukup besar bagi masyarakat di Kabupaten Deli      Serdang, Sumatera Utara Di bidang pertanian dan hortikultura khususnya, lahan hortikultura yang ditanami pisang juga cukup mendominasi pada tanaman pisang barangan karena pisang barangan merupakan salah satu buah spesifik Sumatera Utara sehingga perlu dikembangkan potensinya agar pisang barangan menjadi salah satu komoditi yang mampu meningkatkan nilai ekonomi di kabupaten Sumatera Utara bahkan mampu dijadikan sebagai kegiatan basis di kabupaten Deli Serdang, serta menjadikan pisang barangan sebagai salah satu ciri khas atau andalan  kabupaten Deli Serdang dibidang pertanian.

Adapun yang menjadi kendala dalam produksi pisang barangan ini adalah masih belum mampunya sektor pertanian menjadi sektor basis di kabupaten Deli Serdang. Hal ini terjadi karena masih  kurangnya produksi pisang barangan, ditambah lagi pemasaran yang bersifat lokal sehingga pisang barangan belum mampu menjadi produk unggulan Deli Serdang walaupun sudah memiliki kompetensi.
Yang menjadi tantangan dalam  produksi pisang barangan ini adalah belum bergeraknya produksi penjualan pisang barangan ke luar daerah. Artinya komoditi yang dihasilkan dari sektor hortikultura (pertanian) ini masih bersifat lokal dan belum mampu menjadikan sektor pertanian menjadi sektor andalan di kabupaten Deli Serdang. Selain itu juga tingginya kemampuan yang diberikan sektor lain yang bersifat basis seperti industri pengolahan dan sebagainya membuat sektor pertanian belum diunggulkan di Deli Serdang.
Menyikapi kendala dan tantangan yang ada, maka perlunya peningkatan mutu produksi dan kuantitas produksi pisang barangan dapat menjadi solusi untuk menjadikan komoditi ini termasuk dari sektor unggulan di Deli Serdang sehingga mampu menjadikan sektor pertanian menjadi sektor unggulan Deli Serdang serta pihak-pihak terkait yang memproduksi komoditi ini juga dapat meningkat taraf hidupnya karena komoditi pisang barangan ini memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu pengembangan wilayah sektoral di kabupaten Deli Serdang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar